Selamat Datang

Sabtu, 09 November 2019

MEMBUAT T-SHIRT

TUGAS PKK

MEMBUAT T-SHIRT

SYANS T-SHIRT

Visi
Menjadikan syans t-Shirt  menjadi perusahaan yang terbesar di Indonesia  yang berinofatif, modern dan kreatif

Misi
1.      Membangun usaha  kaos yang mampu memberikan pelayanan dan kepuasan bagi pelanggan
2.      Mengedepankan kualitas produksi dengan harga yang terjangkau
3.      Menghadirkan lapangan yang prpfesional dengan situasi kerja yang produktif












TAHAP I


A.      ORGANISASI







B.       TARGET
Dalam satu minggu memproduksi 100 buah T-Shirt dalam satu bulan memproduksi 400 buah
Strategi T-Shirt dibuat menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan desainnya dibuat semenarik mungkin dan modern, agar konsumen merasa puas

C.      JADWAL KEGIATAN
1.      Mendesain T-Shirt
2.      Memotong T-Shirt
3.      Sablon
4.      Menjahit T-Shirt
5.      Pengemasan T-Shirt
6.      Memasarkan T-Shirt
7.      Menjual T-Shirt

D.      Menetapkan biaya produksi dan harga jual biaya alur keuangan modal 8 juta
Biaya produksi T-Shirt dalam 1 minggu yaitu 100 pcs
No
Nama Bahan
Harga (Rp)
Jumlah (Rp)
1
Cotton COmbet 25 kg
100.000/ kg
2.500.000
2
Benang 10 pak
10.000
100.000
3
Kain rib 100 pcs
12.500
1.250.000
Jumlah
3.850.000

Biaya pekerja       100 x Rp. 5.000                      : Rp. 500.000
Sablon                  100 x Rp. 20.000                    : Rp. 2.000.000 +
                                                                                     2.500.000
Biaya penyusutan             5 % x 3.850.000          : Rp. 192.500
Biaya Listrik                    5 % x 3.850.000          : Rp. 192.500
Biaya lain-lain                  5 % x 3.850.000          : Rp. 192.500  +
                                                                                     577.500

Total Biaya yang diperlukan
Rp. 3.850.000 + Rp. 2.500.000 + 577.500
= Rp. 6.927.500

Laba 20% x Rp 6.927.500           = Rp. 1.385.500
Harga jual : Rp  6.927.500 + Rp. 1.385.500
                                   100 Pcs
= Rp. 83.125
= Rp. 85.500























TAHAP 2

1.      Melakukan Produksi : Desain Model, Membuat pola memotong bahan, menyablon, proses penjahitan
2.      Melakukan kualiti control
3.      Pengemasan
T-Shirt sebelum dikemas disetrika terlebih dahulu dilipat, lalu dimasukan ke plastic pengemas dan diberi merk
4.      Melakukan Promosi, penjualan dan distribusi
Promosi          : dilakukan lewat media dan brosur
Penjualan        : dijual ditoko-toko busana
Distribusi        : dari pembuatan dijual langsung ke toko busana




















TAHAP 3

·           Evaluasi Kinerja dan Keuangan
Pada bagian sablon lambat dikarenakan mesin sablon yang terbatas dan dalam mencari bahan agak sulit karena tidak semua toko menyediakan bahan tersebut.
-          Keuangan
Untuk membuat 100 pcs diperlukan
Harga produksi RP. 3.850.000
Modal RP. 8.000.000
SIsa  Rp. 1.072.500 untuk simpanan, bisa digunakan untuk kebutuhan tambahan
-          Laporan Evaluasi
Kekuatan (Strenght)
1.      Desain T-Shirt tersebut sedang tren dikalangan remaja karena modelnya yang simple dan elegant
2.      Bahan yang digunakan nyaman dipaki, menyerap keringat, dan sejuk dipakai
3.      Harga terjangkau
Kelemahan (Weakness)
Bahan tipis, mudah sobek, daya elastic atau mulurnya tinggi dan harga sablon mahal










ANALISIS SWOT PERUSAHAAN


KEKUATAN (S)        : 1. Lebih murah tapi kualitasnya bagus
                                      2. memiliki nama bagus
KELEMAHAN (W)   : 1. SDM Kurang
                                      2. Kualitas menjual masih kuran
PELUANG (10)         : 1. Bertambanya penduduk
                                      2. Teknologi dan dunia informasi yang terus berkembang
ANCAMAN (T)         : 1. Naiknya Harga bahan baku kualitas inport
                                      2. Kenaikan ongkos kirim barang pesaing dari usaha
     sejenis dalam kota.





google.com, pub-6643551197844699, DIRECT, f08c47fec0942fa0