Pada kendaraan mewah saat ini tentunya banyak fitur – fitur
canggih yang telah di terapkan dan salah satunya yaitu fitur pengereman yang
menggunakan teknologi ABS (Anti Break Sistem). Teknologi tersebut memungkinkan
anda pada saat pengereman yang mendadak, atau pada kecepatan tinggi atau juga
pada saat hujan yang membuat jalan licin, teknologi tersebut mampu memberikan
kenyamanan dan keamanan dalam pengereman. Sekarang ini teknologi tersebut tidak
hanya di terapkan di kendaraan roda empat saja, namun di sepeda motor juga
sudah di terapkan, salah satunya di motor – motor sport.
Inilah
Cara Kerja Sistem Rem ABS (Anti Break Sistem) Pada Mobil
Advertisement
Sistem
pengereman tersebut mempunyai 4 komponen utama yang saling berkaitan satu sama
lain. Ke empat komponen tersebut mempunyai fungsi yang berbeda – beda, komponen
tersebut yaitu.
Sensor
Kecepatan
Sensor
kecepatan ini berfungsi untuk membaca kecepatan putaran roda, letak sensor ini
terdapat di setiap roda ataupun di diferensial (Tergantung produk dari pabrikannya).
Katup
Pengereman
Pada
setiap jalur minyak rem telah terdapat katup, dan katup tersebut telah di
kendalikan atau di oprasikan oleh komputer atau kontrol ABS. Secara umum katup
rem tersebut mempunyai tiga posisi yang berbeda.
- Posisi katup pertama yaitu
dalam posisi terbuka penuh, sehingga tekanan yang di hasilkan oleh minyak
rem secara penuh akan di teruskan ke rem.
- Posisi katup ke dua yaitu katup
akan menghalangi tekanan pada minyak rem, sehingga tekanan tidak akan
telanjutkan ke rem meskipun pengemudi menekan pedal rem.
- Posisi katup ke tiga yakni,
akan menghalangi sebagian dari tekanan minyak rem, sehingga tekanan cuma
setengah yang di teruskan ke rem, meskipun pengemudi menekan pedal rem
secara penuh atau full.
Pompa
Pompo
dalam sistem ABS ini berfungsi untuk mengembalikan tekanan pada jalur
pengereman yang telah di lepaskan oleh katup ke rem.
Kontroler
atau Komputer
Fungsi
dari Kontroler atau komputer tersebut yaitu adalah otak yang mengendalikan
komponen katup dan mengolah data dari sensor kecepatan.
Pada
sensor kecepatan tersebut nantinya akan membaca kecepatan mobil anda, setiap
kali mobil anda bergerak, dan sensor tersebut akan mengirimkan data ke pada
komputer, untuk mobil berhenti secara normal di kecepatan 100 km/j, hal
tersebut akan di perlukan waktu selama 5 detik. Ya, tentu saja ketika melakukan
pengereman normal, tidak akan terjadi penguncian roda kendaraan. Beda ceritanya
jika kita melakukan pengereman mendadak, maka roda akan terkunci. Waktu yang di
butuhkan untuk roda terkunci yaitu kurang lebih satu detik.
Pasalnya
komponen kontroler telah di program, untuk bisa menghentikan kendaraan secara
maksimal atau penuh, terkuncinya roda ketika pengereman tidak boleh terjadi.
Sebelum roda mobil anda terkunci, kontroler akan mendapatkan data dari sensor
kecepatan dan akan memberitahu atau memmerintahkan katup menghalangi tekanan,
dengan cara mengambil katup posisi ke dua atau ke posisi tiga., sesuai dari
perintah dari kontroler. Nah, apabila roda terdeteksi oleh sensor kecepatan,
kontroler tersebut akan memerintahkan katup untuk mengambil posisi satu, yang
akan membuat tekanan dari minyak atau oli rem kembali dan di lanjutkan ke rem.
Cara Kerja Rem ABS di atas terjadi sangat cepat, rata – rata sistem ABS pada
kendaraan mobil sekarang mampu melakukan 15 kali
Baca juga tentang
http://pendidikan-kita-semua.blogspot.co.id/2015/08/lompat-harimau.html
http://pendidikan-kita-semua.blogspot.co.id/2015/08/tembang-mocopat.html
http://pendidikan-kita-semua.blogspot.co.id/2014/12/makalah-keselamatan-kerja.html
http://pendidikan-kita-semua.blogspot.co.id/2014/12/menjahit-kelim.html
http://pendidikan-kita-semua.blogspot.co.id/2014/10/kumpulan-berita-tentang-penyimpangan.html
http://pendidikan-kita-semua.blogspot.co.id/2014/10/laporan-prakerin-smk-pemasaran.html
Baca juga tentang
http://pendidikan-kita-semua.blogspot.co.id/2015/08/lompat-harimau.html
http://pendidikan-kita-semua.blogspot.co.id/2015/08/tembang-mocopat.html
http://pendidikan-kita-semua.blogspot.co.id/2014/12/makalah-keselamatan-kerja.html
http://pendidikan-kita-semua.blogspot.co.id/2014/12/menjahit-kelim.html
http://pendidikan-kita-semua.blogspot.co.id/2014/10/kumpulan-berita-tentang-penyimpangan.html
http://pendidikan-kita-semua.blogspot.co.id/2014/10/laporan-prakerin-smk-pemasaran.html