A.
Latar Belakang
Perkembangan anak usia dini sangatlah
pesat. Masa usia dini sering disebut juga masa peka belajar. Dalam masa-masa
ini segala potensi, kemampuan anak dapat dikembangkan secara optimal, tentunya
dengan bantuan orang yang berada dilingkungan anak tersebut.
Dunia anak adalah dunia bermain dan
surganya anak juga bermain, karena itulah anak harus mendapatkan pembelajaran
yang mampu merangsang kinerja otak dan kecerdasan tanpa harus meninggalkan
kebahagiaanya yaitu bermain.
Melalui aktifitas bermain anak memperoleh
pengalaman menumbuhkan rasa ingin tahu yang memperkaya pengertiannya. Kegiatan
bermain anak harus difasilitasi oleh pendidik disekolah untuk mendukung agar
anak menjadi aktif dan kreatif. Pembelajaran anak usia dini adalah pondasi
pendidikan bagi anak yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak, oleh karena
itu perlu adanya proses pembelajaran yang menyenangkan bagi anak.
B.
Sasaran
Alat permainan edukatif aku suka es krim
ini mempunyai sasaran anak usia PAUD 3-6 tahun. Dengan harapan dapat memberikan
stimulasi pada kemampuan dasar yang dimiliki anak secara optimal dan menyeluruh.
C.
Manfaat
Alat permainan edukatif ini diaplikasikan
dengan model pembelajaran kelompok kecil aktif dan dapat bekerja sama dengan
teman yang berisi berbagai variasi kegiatan bermain yang berpusat pada anak
serta berbasis pada kecerdasan jamak (multiple intelegency).
Manfaat dari alat permainan edukatif ini
antara lain:
1.
Pengembangan
moral dan nilai agama
Anak belajar
mengikuti aturan permainan dan berdoa ketika hendak memulai kegiatan bermain.
2.
Pengembangan
sosial emosional
Meliputi pengembangan
perasaan dan emosi serta pengembangan kemampuan sosial. Anak mampu menghargai
pendapat dan bertenggang rasa juga memiliki empati.
3.
Pengembangan
bahasa
Meliputi
pengembangan bahasa agar anak mampu berkomunikasi secara aktif dengan
lingkungan. Didalam permainan ini anak diberi tugas untuk menyusun kata
sederhana sesuai perintah. Pengembangan bahasa yang diharapkan adalah anak
dapat mengenal huruf melalui bermain, berkomunikasi dengan teman, dapat
melakukan 2-3 perintah, memahami kata dan kalimat sederhana.
4.
Pengembangan
kognitif
Meliputi
pengembangan matematika permulaan dan sains permulaan. Anak mengidentifikasi
dan mengenal macam buah-buahan.
5.
Pengembangan
fisik
Meliputi
pengembangan motorik halus dan motorik kotor untuk pertumbuhan dan kesehatan
anak. Hampir semua kegiatan aku suka es krim ini mengandung unsur
gerakan-gerakan yang merangsang perkembangan motorik anak, mulai dari mengambil
kartu pada keranjang, menyusun stik es kerim yaitu hurufnya sesuai pada kartu
huruf, menggunakan koordinasi mata dan tangan.
D. Bahan dan Alat
1.
Bahan
a.
Kardus
bekas
b.
Kertas
origami
c.
Stik
es krim
d.
Kertas
kado
e.
Kartu
huruf bergambar
2.
Alat
a.
Lem
kertas
b.
Pisau
cutter
c.
Spidol
3.
Cara
pembuatan
a.
Kardus
bekas ditutup dengan kertas kado diberi lubang di atas untuk tempat menancapkan
stik es krim
b.
Kertas
origami dibuat pola eskrim kertas terdiri dari dua warna supaya menarik
perhatian anak. Kertas origami diberikan tulisan huruf dan angka, kertas
ditempel di stik es krim.
c.
Kartu
huruf dibuat sesuai tema
E. Tujuan dan Cara
Menggunakan
1.
Tujuan
ADE Aku Suka Es
Krim ini bertujuan sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan huruf, angka
dan huruf hijaiyah dengan cara bermain sambil belajar.
2.
Cara
menggunakan
Anak dibentuk
menjadi kelompok kecil. Anak dikenalkan huruf lalu menyusun huruf sesuai dengan contoh kartu
huruf yang diberikan, anak bekerja sama menyusun huruf sesuai contoh yang ada
di kartu huruf
F. Kesimpulan dan Saran
1.
Kesimpulan
Alat permainan edukatif (ADE) adalah merupakan
alat-alat permainan yang dirancang dan dibuat untuk menjadi sumber belajar
anak-anak PAUD agar mereka mendapatkan pengalaman belajar yang konkrit dan
relevan. Pengalaman ini akan berguna untuk meningkatkan aspek-aspek
perkembangan anak PAUD seperti aspek fisik/motorik, emosi, sosial, bahasa,
kognitif dan moral.
Alat permainan edukatif memiliku fungsi yang multiguna
untuk memberi kesempatan pada anak PAU memperoleh pengetahuan baru dan
memperkaya pengalamannya dengan berbagai alat permainan. Guru PAUD juga bisa
merancang dan membuat alat permainan edukatif, menggunakan kreasi inovasi
sendiri dengan berprinsip pada pembentukan karakter dan unsur edukatif bagi
anak didik
2.
Saran
Para Guru diharapkan dapat berkreasi dan berinovasi
membuat alat permainan edukatif sendiri untuk mengembangkan aspek-aspek
perkembangan anak usia dini demi memajukan dunia pendidikan dan mencerdasakan
anak bangsa.