Selamat Datang

Senin, 02 Agustus 2021

ALAT PERMAINAN EDUKATIF AKU SUKA ES KRIM

 

A.    Latar Belakang

Perkembangan anak usia dini sangatlah pesat. Masa usia dini sering disebut juga masa peka belajar. Dalam masa-masa ini segala potensi, kemampuan anak dapat dikembangkan secara optimal, tentunya dengan bantuan orang yang berada dilingkungan anak tersebut.

Dunia anak adalah dunia bermain dan surganya anak juga bermain, karena itulah anak harus mendapatkan pembelajaran yang mampu merangsang kinerja otak dan kecerdasan tanpa harus meninggalkan kebahagiaanya yaitu bermain.

Melalui aktifitas bermain anak memperoleh pengalaman menumbuhkan rasa ingin tahu yang memperkaya pengertiannya. Kegiatan bermain anak harus difasilitasi oleh pendidik disekolah untuk mendukung agar anak menjadi aktif dan kreatif. Pembelajaran anak usia dini adalah pondasi pendidikan bagi anak yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak, oleh karena itu perlu adanya proses pembelajaran yang menyenangkan bagi anak.

 

B.     Sasaran

Alat permainan edukatif aku suka es krim ini mempunyai sasaran anak usia PAUD 3-6 tahun. Dengan harapan dapat memberikan stimulasi pada kemampuan dasar yang dimiliki anak secara optimal dan menyeluruh.

 

C.    Manfaat

Alat permainan edukatif ini diaplikasikan dengan model pembelajaran kelompok kecil aktif dan dapat bekerja sama dengan teman yang berisi berbagai variasi kegiatan bermain yang berpusat pada anak serta berbasis pada kecerdasan jamak (multiple intelegency).

Manfaat dari alat permainan edukatif ini antara lain:

1.      Pengembangan moral dan nilai agama

Anak belajar mengikuti aturan permainan dan berdoa ketika hendak memulai kegiatan bermain.

2.      Pengembangan sosial emosional

Meliputi pengembangan perasaan dan emosi serta pengembangan kemampuan sosial. Anak mampu menghargai pendapat dan bertenggang rasa juga memiliki empati.

3.      Pengembangan bahasa

Meliputi pengembangan bahasa agar anak mampu berkomunikasi secara aktif dengan lingkungan. Didalam permainan ini anak diberi tugas untuk menyusun kata sederhana sesuai perintah. Pengembangan bahasa yang diharapkan adalah anak dapat mengenal huruf melalui bermain, berkomunikasi dengan teman, dapat melakukan 2-3 perintah, memahami kata dan kalimat sederhana.

4.      Pengembangan kognitif

Meliputi pengembangan matematika permulaan dan sains permulaan. Anak mengidentifikasi dan mengenal macam buah-buahan.

5.      Pengembangan fisik

Meliputi pengembangan motorik halus dan motorik kotor untuk pertumbuhan dan kesehatan anak. Hampir semua kegiatan aku suka es krim ini mengandung unsur gerakan-gerakan yang merangsang perkembangan motorik anak, mulai dari mengambil kartu pada keranjang, menyusun stik es kerim yaitu hurufnya sesuai pada kartu huruf, menggunakan koordinasi mata dan tangan.

 

D.    Bahan dan Alat

1.      Bahan

a.       Kardus bekas

b.      Kertas origami

c.       Stik es krim

d.      Kertas kado

e.       Kartu huruf bergambar

2.      Alat

a.       Lem kertas

b.      Pisau cutter

c.       Spidol

3.      Cara pembuatan

a.       Kardus bekas ditutup dengan kertas kado diberi lubang di atas untuk tempat menancapkan stik es krim

b.      Kertas origami dibuat pola eskrim kertas terdiri dari dua warna supaya menarik perhatian anak. Kertas origami diberikan tulisan huruf dan angka, kertas ditempel di stik es krim.

c.       Kartu huruf dibuat sesuai tema

 

 

 

 

E.     Tujuan dan Cara Menggunakan

1.      Tujuan

ADE Aku Suka Es Krim ini bertujuan sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan huruf, angka dan huruf hijaiyah dengan cara bermain sambil belajar. 

2.      Cara menggunakan

Anak dibentuk menjadi kelompok kecil. Anak dikenalkan huruf  lalu menyusun huruf sesuai dengan contoh kartu huruf yang diberikan, anak bekerja sama menyusun huruf sesuai contoh yang ada di kartu huruf

 

F.     Kesimpulan dan Saran

1.      Kesimpulan

Alat permainan edukatif (ADE) adalah merupakan alat-alat permainan yang dirancang dan dibuat untuk menjadi sumber belajar anak-anak PAUD agar mereka mendapatkan pengalaman belajar yang konkrit dan relevan. Pengalaman ini akan berguna untuk meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak PAUD seperti aspek fisik/motorik, emosi, sosial, bahasa, kognitif dan moral.

Alat permainan edukatif memiliku fungsi yang multiguna untuk memberi kesempatan pada anak PAU memperoleh pengetahuan baru dan memperkaya pengalamannya dengan berbagai alat permainan. Guru PAUD juga bisa merancang dan membuat alat permainan edukatif, menggunakan kreasi inovasi sendiri dengan berprinsip pada pembentukan karakter dan unsur edukatif bagi anak didik

 

2.      Saran

Para Guru diharapkan dapat berkreasi dan berinovasi membuat alat permainan edukatif sendiri untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak usia dini demi memajukan dunia pendidikan dan mencerdasakan anak bangsa.