Pengertian Tata Ruang Kantor
Tata
ruang kantor bisa disebut juga dengan istilah office layout atau layout saja.
Pada
dasarnya tata ruang kantor adalah penentuan kebutuhan ruang untuk menyiapkan
susunan yang praktis dari faktor fisik yang dianggap dibutuhkan bagi
pelaksanaan kerja di perkantoran.
Atau
juga bisa didefinisikan sebagai cara penyusunan perabotan dan juga peralatan
pada luas lantai yang tersedia.
Jadi,
tata ruang kantor adalah pengaturan dan penyusunan seluruh mesin kantor, alat
perlengkapan kantor serta perabot kantor pada tempat yang tepat, sehingga
pegawai bisa bekerja dengan nyaman, baik, bebas, dan leluasa untuk bergerak.
Hal tersebut tentunya akan tercapai efisiensi kerja.
Terdapat
2 rumusan yang berkaitan dengan pengertian dari tata ruang kantor, yaitu
sebagai berikut.
- Penataan
kantor sebagai penyusunan alat perlengkapan dan perabotan pada luas yang
tersedia.
- Penataan
kantor adalah penentuan tentang berbagai kebutuhan ruang dan penggunaan
secara detail dari sebuah ruang. Hal tersebut bertujuan untuk penggunaan
suatu susunan yang praktis dari berbagai faktor pelaksanaan kerja
perkantoran dengan biaya yang se minimal mungkin.
Hal yang Perlu Diperhatikan
Untuk
menata ruang kantor tersebut perlu diperhatikan berbagai hal berikut ini.
- Penataan
ruang kantor sebaiknya bisa memperpendek jarak tempuh antara satu bagian
ke bagian lainnya, sehingga dalam pelaksanaan pekerjaan kantor bisa
ditempuh dengan singkat dan lancar.
- Semua
ruangan digunakan secara efisien.
- Penataan
dari sebuah ruang kantor sebaiknya bisa untuk mempermudah pengawasan terhadap
suatu pekerjaan supaya pekerjaan tersebut bisa berjalan dengan baik.
- Penataan
dari ruang kantor harus memperoleh kesan yang baik dari pihak luar pada
saat mereka berkunjung ke kantor tersebut.
- Penataan
ruang kantor sebaiknya dirancang dengan susunan tempat kerja yang bisa
diubah sewaktu-waktu jika dibutuhkan.
contoh tata
ruang landscape offices /dailymal.co.uk
Tata ruang
kantor berhias
adalah ruang
kerja yang dihiasi oleh berbagai elemen hias untuk mempercantik ruangan kantor.
Beberapa elemen hias ini bisa berupa tanaman hidup, tanaman sintetis,
maupun bahan dekorasi lain seperti kain, sterofoam, gabus dan
lain sebagainya.
Beberapa
perusahaan membuat tata ruang kantor berhias ini dalam bentuk seperti
lingkungan outdoor dimana di dalam kantor
tersebut terdapat pemandangan alam yang terbuka sehingga dapat
menciptakan lingkungan kerja yang lebih nyaman dan segar.
Keuntungan
menggunakan tata ruang kantor ini adalah :
- Suasana kerja dalam kantor
lebih nyaman sehingga para pegawai lebih betah dalam kantor;
- Suasana yang nyaman dapat
meminimalisir ketegangan syaraf dalam bekerja;
- Dapat menghindari kebisingan
dan kegaduhan saat bekerja;
- Produktivitas kerja dapat
meningkat karena dalam melakukan pekerjaan bisa dilakukan lebih
efektif dan efisien.
contoh tata
ruang landscape offices /soyouknowbetter.com
Beberapa
kerugian yang mungkin terjadi jika menggunakan tata ruang kantor ini adalah :
- Membutuhkan biaya yang besar
untuk mendesain dan membuat dekorasinya;
- Biaya pemeliharaan cukup
tinggi;
- Membutuhkan tenaga ahli
yang dapat menciptakan suasana yang sesuai harapan.