BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
PT.Yakult Indonesia Persada. Bauran pemasaran adalah empat
komponen dalampemasaran yang terdiri dari 4P. Metode ini dikenal dengan Bauran
Pemasaran (marketing mix). Dalam perkembangannya,untuk layanan jasa dikenal
dengn istilah 7P dimana 4P pertama adalah product,price,place, dan promotion.
Untuk 3P yang selanjutnya adalah bukti fisik (Phsycal Evidence),proses
(process), dan orang (people).
Pemasaran lebih dipandang
sebagai seni daripada ilmu,maka seorang ahli pemasaran tergantung lebih banyak
pada keterampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorentasi
pada ilmu tertentu.
B. Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan dari makalah ini adalah untuk memberikan
pemahaman tentang produk PT.Yakult Indonesia yaitu Susu Kental Manis cap
Bendera.
C. Metode Penulisan
Metode yang digunakan adalah pengumpulan data dari jurnal
dan tulisan imiah terkait, serta dari companny profile perusahaan
D. Manfaat Penulisan
Penulis berharap makalah ini dapat memberikan pengetahuan
tentang produk PT.Yakult Indonesia
BAB II
PEMBAHASAN
PT.Yakult Indonesia Persada. Bauran pemasaran adalah empat
komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P. Metode ini dikenal dengan Bauran
Pemasaran (marketing mix). Dalam perkembangannya,untuk layanan jasa dikenal
dengn istilah 7P dimana 4P pertama adalah product,price,place, dan promotion.
Untuk 3P yang selanjutnya adalah bukti fisik (Phsycal Evidence),proses
(process), dan orang (people).
Pemasaran lebih
dipandang sebagai seni daripada ilmu,maka seorang ahli pemasaran tergantung
lebih banyak pada keterampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada
berorentasi pada ilmu tertentu.
PT.yakult
adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi susu fermentasi.
Perusahaan ini didirikan pada tanggal 2 Februari 1990. Pabrik Yakult mulai
berproduksi pada bulan Januari tahun 1991, awalnya PT.yakult adalah jenis usaha
manufaktur patungan dengan statusnya penananaman modal asing antara PT. Perkasa
Simpati Persada dan Yakult HonshaCo.Ltd, lambat laun perusahaan ini mendapatkan
penanaman modal asing murni dari Yakult Honsha Co.Ltd sendiri.
Sedangkan pabrik awalnya ada di tahun 1997 berada di Pasar Rebo Jakarta dengan hasil
produksi sebanyak 720.000/hari ,lalu dipindahkan ke Desa Pesawahan, Cicurug,
Sukabumi, Jawa Barat dan kapasitas produksi ditingkatkan menjadi 1.800.000
botol per hari sesuai pesanan pasar, pabrik di pindahkan di sebabkan karena
sudah mulai langkanya air bersih dan ingin meningkatkan produktifitasnya.
Berikut pembauaran pemasaran PT Yakult Persada
1. Product (Produk)
Produk yang dihasilan adalah "Yakult" sesuai nama besar perusahaan
tersebut
Yakult Minuman
2. Price (Harga)
Harga yang ditawarkan yaitu Rp 8.500,- per Pak (@65ml)
3. Place (Distribusi)
Saluran Distribusi dilakukan oleh Yakult Lady dan Direct Sales
4. Promotion (Promosi)
Yakult Mengiklankan produknya menggunakan media elektronik seperti TV dan
radio, Media cetak seperti majalah dan koran, serta internet dengan situs
resminya yaituwww.yakult.co.id , serta melalui berbagai media sosial
seperti facebook, twitter, dan kaskus. Namun, tentu saja masyarakat paling
mengingat produk yakult berkat iklannya di TV. Yakult mempunyai tagline,
“Cintai Ususmu Minum Yakut Tiap Hari”. Ketika masyarakat mendengar tagline ini
di TV, tagline tersebut langsung memberikan masyarakat pesan dan kesan jika
meminum yakult setiap hari akan membuat usus kita sehat dan membuat yakult
menjadi produk yang wajib dikonsumsi oleh masyarakat setiap
hari. Yakult memiih tagline ini tentu saja sangat berarti. Cintai
usus adalah cara baru untuk peduli terhadap diri sendiri. Usus adalah organ
tubuh yang penting agar tubuh menjadi bugar, kuat, dan segar. Jika usus kita
baik maka kitapun bisa hidup dengan baik pula.
Yakult juga pernah memberikan promo harga di warung dan
supermarket dengan ‘beli 5 gratis 1 “. Yakult Lady pun akan memberikan kita
harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga di warung ketika mereka
berkunjung ke rumah-rumah warga. Saya pernah dikasih tau oleh ibu saya saat RT
perumahan saya tour ke PT Yakult, dan setelah selesai mengikuti program
tersebut, mereka akan menawarkan produk Yakult yang dijual dengan setengah
harga dibandingkan dengan di warung dan supermarket.
5. Proccess (Proses)
6.
People (Orang)
PT Yakult membangun hubungan masyarakat yang baik melalui sistem distribusi
Yakult Lady. Sistem distribusi Yakult Lady yaitu sistem pendistribusian Yakult oleh ibu-ibu rumah
tangga kepada masyarakat di lingkungan tempat tinggal mereka. Ketika melayani
masyarakat, Yakult Lady memberikan informasi kesehatan kepada pelanggan, sehingga
Yakult Lady disebut pula sebagai “Pusat Informasi Berjalan”.
Para
sales Yakult ini memiliki wilayah pemasaran yang tetap sehingga bisa mendorong
keakraban yang berlanjut antara sales dengan para konsumen. Beberapa sales yang
komunikatif dan luwes bahkan merasa memiliki banyak teman dan kerabat baru yang
didapatkan selama mereka bertugas. Keterampilan berkomunikasi akan menjadi
modal utama bagi para sales ini dalam meningkatkan target penjualannya.
Yakult
Lady yang secara tidak langsung juga bertugas mengampanyekan program kunjungan
pabrik. Program kunjungan ke pabrik yakult membuat pengunjung dapat melihat
secara langsung proses produksi Yakult.
Tenaga
sales yang rata-rata ibu rumah tangga mungkin lebih menarik simpati dan membuat
para calon konsumen tak tega untuk menolaknya. Berbeda dengan sales produk
produk otomotif yang lebih menonjolkan penampilan fisik , para sales yakult
adalah ibu-ibu yang rata-rata berusia 30 - 50 tahun, namun penampilan fisiknya
sangat bersahaja dan menawarkan keramahan dan kehangatan yang mungkin tidak
bisa kita dapatkan saat berbelanja di pasar swalayan. Strategi pendekatan sisi
kemanusiaan yang tengah ditawarkan produsen Yakult ini tampaknya cocok dengan
karakteristik masyarakat Indonesia yang masih sangat erat memegang teguh nilai-
nilai kekeluargaan.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Sumber daya strategi mengacu pada
serangkaian tindakkan spesifik manajemen Sumber Daya Manusia yang didorong oleh
perusahaan untuk mencapai tujuan. Oleh karenanya salah satu tujuan strategi
perusahaan Yakult adalah untuk menjadi meraih profit dan benefit peruahaan
dengan mejadi pelopor probiotik minuman sehat untuk keluarga dengan
mengoptimumkan untuk pemeilharaan usus, melalui tenaga kerja dan karyawan yang
memiliki komitmen terhadap perusahaan dan lingkungan. Termasuk didalamnya
adalah oenggunaan berbagai metode untuk membangun komunikasi 2 arah, baik itu
memlaui line telepon maupun internet dan media komunikasi lainnya. Selain itu
menyaring karyawan dan manajer protensial yang memiliki nilai yang tidak
berorientasi pada orang memberikan jaminan untuk perlakuan yang paling adil dan
keamanan bagi semua karyawan memanfaatkan berbagai promosi dari dalam berbagai
aktifitas untuk memberikan karyawan setiap kesempatan untuk menyadari
sepenuhnya potensi mereka. Manajemen Sumber Daya Manusia strategi berarti
memformulasikan dan melaksanakan SDM, kebijakan dan aktivitas, yang
menghasilkan kopetensi da perilaku karyawan yang dibutuhkan untuk meraih tujuan
strategi PT Yakult Indonesia Persada