BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Sebelum tahun 1997, Samsung lebih
dikenal dengan reputasinya sebagai perusahaan pembuat peralatan elektronik
dengan produk-produk low end. Perusahaan tersebut hanya dikenal sebagai
plagiarisme, bukan innovator karena memang tidak melakukan inovasi-inovasi
produk pada saat itu. Produk-produk kompetitif berdasar pada harga rendah yang
dicerminkan dengan tenaga kerja yang murah. Samsung belum mempunyai brand value
dan belum memiliki pasar internasional. Strategi yang dilakukannya pada saat
itu adalah kepemimpinan harga.
Samsung merupakan salah satu
perusahaan elektronik terbesar dunia. Perusahaan ini beroperasi di 58 negara
dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja. Samsung sampai saat ini juga menjadi
salah satu brand terbesar di dunia dengan mengeluarkan smartphoneyang
menjadi jawara dalam persaingan bursa pasar gadget. Samsung juga
beroperasi di 6 bidangbisnis, yaitu telekomunikasi, peralatan rumah tangga digital,
dan media digital
Keberhasilan Samsung sebagai
sebuah penyedia teknologi terus berkembang melalui delapan puluhan seperti
Samsung Electronics telah bergabung dengan Samsung Semikonduktor dan
Telekomunikasi. Dengan cara ini diaspal menuju terus kuat di pasar
internasional dengan produk teknologi tinggi yang akan menjadi pokok di setiap
rumah. Perkembangan ini berlanjut saat dekade berikutnya sebagai Samsung terus
melampaui batas dan restrukturisasi rencana bisnis untuk mengakomodasi adegan
global. Mengadopsi bentuk baru manajemen terbukti menjadi perpindahan yang
bijaksana bagi perusahaan sebagai produk berjalan mereka pada daftar harus
top-have dalam berbagai bidang mereka. TV-LCD, tabung gambar, printer Samsung
dan produk teknologi tinggi lainnya akuisisi menjadi terkenal karena mereka
berkualitas tinggi. Ketika Samsung berkelana ke industri LCD pada tahun 1993,
menjadi yang terbaik di dunia.
Metode yang sangat baik
perusahaan pengendalian kualitas inilah yang membuatnya berhasil dalam
menyediakan hanya produk terbaik untuk seluruh dunia. Ini berlaku sebuah
"Berhenti Line" sistem dimana setiap orang bisa menghentikan proses
produksi dalam hal bahwa produk ditemukan kurang lancar.
Untuk saat ini, terus Samsung
mempertahankan statusnya sebagai operator terbaik di dunia "itu"
teknologi. Its tenaga kerja berkualifikasi tinggi masih mengupayakan yang
terbaik dalam bidangnya masing-masing membuat keseluruhan perusahaan sukses
besar dalam pembuatan. Rahasia sukses terus perusahaan dalam peningkatan
konstan struktur manajemen dan penerapan filosofi-nya: "Kami akan
mencurahkan sumber daya manusia dan teknologi untuk menciptakan produk dan
jasa, sehingga memberikan kontribusi kepada masyarakat global yang lebih
baik."
B. Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan dari makalah ini adalah untuk memberikan
pemahaman tentang PT Samsung Electronics Indonesia yaitu perusahaan elektronik
terbesar dunia
C. Metode Penulisan
Metode yang digunakan adalah pengumpulan data dari jurnal
dan tulisan imiah terkait, serta dari companny profile perusahaan
D. Manfaat Penulisan
Penulis berharap makalah ini dapat memberikan pengetahuan
tentang PT Samsung Electronics Indonesia
BAB II
PEMBAHASAN
A.
SEJARAH PERKEMBANGAN
Samsung
Group dibentuk pada 1938 oleh Lee
Byung-chul (1910-1987). Pada
1951, perusahaan ini berubah menjadi Samsung Corporation.
Samsung
Electronics dibentuk pada 1969 di Daegu, Korea
Selatan dengan nama Samsung
Electric Industries yang pada mulanya memproduksi perangkat elektronik seperti
TV, kalkulator, kulkas, pendingin ruangan dan mesin cuci. Pada 1981, perusahaan ini
telah memproduksi lebih dari 10 juta TV hitam-putih. Pada 1988, perusahaan ini
bergabung dengan Samsung Semiconductor & Communications.
PT Samsung Electronics
Indonesia atau sering disebut PT SEIN adalah divisi Samsung Electronics di Indonesia, perusahaan ini
memproduksi peralatan elektronika seperti induk perusahaannya yang merupakan
perusahaan yang memproduksi hardware elektronika terbesar di dunia,
perusahaan ini berkantor pusat di Seocho Samsung Town di Seoul, Korea Selatan.
Perusahaan ini adalah perusahaan terbesasr di negara Korea Selatan dan
merupakan ikon utama dari Samsung Group, yang merupakan konglomerasi terbesar
di Korea Selatan. Samsung Group dibentuk pada 1938 oleh Lee Byung-chul
(1910-1987). Pada 1951, perusahaan ini berubah menjadi Samsung Corporation.
Samsung Electronics dibentuk pada 1969 di Daegu, Korea Selatan dengan nama
Samsung Electric Industries yang pada mulanya memproduksi perangkat elektronik
seperti TV, kalkulator, kulkas, pendingin ruangan dan mesin cuci. Pada 1981,
perusahaan ini telah memproduksi lebih dari 10 juta TV hitam-putih. Pada 1988,
perusahaan ini bergabung dengan Samsung Semiconductor & Communications.
PT Samsung Electronics Indonesia memandang setiap
tantangan sebagai peluang dan yakin bahwa perusahaan sudah tepat diposisikan
sebagai salah satu pemimpin yang diakui dunia industri teknologi digital.
Komitmen perusahaan untuk menjadi yang terbaik didunia membuat perusahaan
sebagai No.1 dalam menguasai pangsa pasar global untuk 13 produk, termasuk
semikonduktor, TFT-LCD, monitor, dan telepon seluler CDMA. Untuk itu, PT
Samsung Electronics Indonesia membuat kemajuan bersejarah dalam penelitian dan
pengembangan seluruh lini semikonduktor kami, termasuk memori flash dan
semikonduktor khusus non-memori, DRAM dan SRAM, serta memproduksi LCD, telepon
seluler, dan peralatan digital terbaik di kelasnya, dan banyak lagi.
Pada akhir 1980-an dan awal
1990-an, Samsung Electronics berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan,
investasi yang penting dalam mendorong perusahaan untuk terdepan dalam industri
elektronik global. Pada tahun 1982, Samsung membangun sebuah pabrik perakitan
televisi di Portugal, pada tahun 1984, samsung membangun sebuah pabrik di New
York, pada tahun 1985, samsung membangun sebuah pabrik di Tokyo, pada tahun
1987, samsung membangun fasilitas di Inggris, dan fasilitas lain di Austin pada
tahun 1996. Secara total, Samsung telah menginvestasikan $ 5,6 milyar di Austin
– sejauh ini merupakan investasi asing terbesar di Texas dan salah satu
investasi asing tunggal terbesar di Amerika Serikat. Investasi baru samsung di
Austin totalnya menjadi lebih dari $ 9 miliar.
Samsung mulai bangkit sebagai
perusahaan internasional pada 1990-an. cabang konstruksi Samsung mendapatkan
kontrak untuk membangun satu dari dua Petronas Towers di Malaysia, Taipei 101
di Taiwan dan Khalifa Burj di Uni Emirat Arab. Pada tahun 1993., Lee Kun-hee
menjual sepuluh anak perusahaan Samsung Group, dirampingkan perusahaan, dan
operasi lainnya bergabung untuk berkonsentrasi pada tiga industri yaitu
elektronik, teknik, dan bahan kimia. Pada tahun 1996, Grup Samsung membeli
kembali Sungkyunkwan University foundation.
Dibandingkan dengan perusahaan
besar Korea lainnya, Samsung selamat dari krisis keuangan Asia tahun 1997 yang
relatif tidak berpengaruh besar. Namun, Samsung Motor dijual kepada Renault
karena mengalami kerugian yang signifikan. Pada tahun 2010, saham Renault
Samsung 80,1 persen dimiliki oleh Renault dan 19,9 persen dimiliki oleh
Samsung. Selain itu, Samsung memproduksi berbagai pesawat dari tahun 1980-an
1990-an. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1999 sebagai Korea Aerospace
Industries (KAI), hasil penggabungan antara lalu tiga divisi aerospace domestik
utama Samsung Aerospace, Daewoo Heavy Industries, dan Hyundai Space dan
Aircraft Company.
Samsung menjadi produsen terbesar memory chips di
dunia pada tahun 1992, dan pembuat chip dunia terbesar kedua setelah Intel.
Sepuluh tahun kemudian, Samsung tumbuh menjadi produsen terbesar di dunia
membuat panel layar liquid-crystal. Pada tahun 2006, S-LCD didirikan sebagai
perusahaan patungan antara Samsung dan Sony dalam rangka menyediakan pasokan
yang stabil dari panel LCD untuk mereka dan mengoperas
B.
Produk
Samsung lebih
memilih untuk menciptakan produk-produk high-end dan berkualitas tinggi yang
tentu saja menawarkan stylish best-practice. Produk-produk yang dijual Samsung
merupakan produk khusus barang elektronik. Produk-produk itu meliputi :
Handphone, Laptop, Monitor, AC, Kulkas, TV, Mesin Cuci, Oven, Microwave, dll.
ikan pabrik-pabrik serta membangun fasilitas di Tangjung,
Korea Selatan.
C.
Harga (price)
Samsung lebih
menekankan pada kualitas produk, sehingga penentuan harga ditetapkan
berdasarkan pada tingkat kualitass masing-masing produk itu sendiri. Dan
apabila dibandingkan dengan merk-merk elektronik lainnya produk Samsung dikenal
dengan harga yang lebih mahal dengan merk lainnya, akan tetapi masyarakat
Indonesia pun tidak meragukan kualitas yang dimiliki Samsung yang dikenal
sebagai kualitas no 1..
D.
Tempat (Place)
Samsung mendistribusikan produknya
kepada konsumen menggunakan outlet-outlet distributor,gerai resmi,atau pameran
teknologi. Produk samsung sangat mudah ditemui keberadaannya dari toko
elektronik,Conter HP dan sebagainya.
E.
Promosi (Promotion)
Strategi promosi Samsung dibilang cukup
menjanjikan . Dan khususnya setiap produk Samsung yang ingin diluncurkan,pihak Samsung mengajak
reviewer,media untuk diundang secara khusus tentang produknya ini. Dan yang
paling menonjol dalam promosi Samsung ini adalah dengan menggunakan media iklan
yang kita bisa temui di Televisi,Internet,media sosial,papan reklame, serta
menjadi sponsor pada event-event tertentu
F.
Orang
Samsung
mempekerjakan tenaga kerja yang berkualitas daan profesional dan tidak heran
membayar dengan bayaran yang mahal,yang ini disebabkan karena produk Samsung
dikenal sebagai produk yang selalu memberikan inovasi-inovasi baru terhadap
produknya.
G.
Proses (Process)
Pembuatan
produk Samsung melewati berbagai tahap,yang bertujuan untuk meningkatkan rasa
kepuasan konsumen . Dan sejatinya produk Samsung dibuat oleh tenaga mesin yang
sangat canggih untuk memudahkan para tenaga kerja . Dan dalam produk Samsung
apabila produk tersebut ingin diluncurkan, maka pihak Samsung terlebih dahulu
melakukan uji pakai agar produk yang dia buat dapat dikenang oleh konsumen itu
sendiri.
H.
Bukti Fisik
Bukti fisik yang kita sering temui dari produk Samsung
adalah alat-alat elektronik dan yang menjadi daya tarik dari konsumen adalah
produk-produk Gadget khususnya Handphone. Samsung tiap tahunnya selalu mengeluarkan
Handphone dengan teknologi terbaru. Di tahun 2017 ini saja Samsung sudah
merilis produk handphone high-end yaitu Samsung Galaxy S8 dan S8 plus lalu
Samsung Galaxy Note 8 yang dibuat untuk menandngi produk handphone dari merk
Apple
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Samsung
merupakan salah satu merek terkenal yang mengedepankan teknologi terbaru ingin
menyaingi perusahaan terkenal di dunia. Produk unggulan Samsung banyak digemari
dan diinginkan oleh konsumen sehingga bisa disimpulkan bahwa Samsung telah
berhasil dalam melakukan inovasi baru dalam bisnisnya.