Selamat Datang

Senin, 04 Januari 2021

MARKETING MIX / BAURAN PEMASARAN PT Samsung Electronics Indonesia

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar belakang

Sebelum tahun 1997, Samsung lebih dikenal dengan reputasinya sebagai perusahaan pembuat peralatan elektronik dengan produk-produk low end. Perusahaan tersebut hanya dikenal sebagai plagiarisme, bukan innovator karena memang tidak melakukan inovasi-inovasi produk pada saat itu. Produk-produk kompetitif berdasar pada harga rendah yang dicerminkan dengan tenaga kerja yang murah. Samsung belum mempunyai brand value dan belum memiliki pasar internasional. Strategi yang dilakukannya pada saat itu adalah kepemimpinan harga.

Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar dunia. Perusahaan ini beroperasi di 58 negara dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja. Samsung sampai saat ini juga menjadi salah satu brand terbesar di dunia dengan mengeluarkan smartphoneyang menjadi jawara dalam persaingan bursa pasar gadget. Samsung juga beroperasi di 6 bidangbisnis, yaitu telekomunikasi, peralatan rumah tangga digital, dan media digital

Keberhasilan Samsung sebagai sebuah penyedia teknologi terus berkembang melalui delapan puluhan seperti Samsung Electronics telah bergabung dengan Samsung Semikonduktor dan Telekomunikasi. Dengan cara ini diaspal menuju terus kuat di pasar internasional dengan produk teknologi tinggi yang akan menjadi pokok di setiap rumah. Perkembangan ini berlanjut saat dekade berikutnya sebagai Samsung terus melampaui batas dan restrukturisasi rencana bisnis untuk mengakomodasi adegan global. Mengadopsi bentuk baru manajemen terbukti menjadi perpindahan yang bijaksana bagi perusahaan sebagai produk berjalan mereka pada daftar harus top-have dalam berbagai bidang mereka. TV-LCD, tabung gambar, printer Samsung dan produk teknologi tinggi lainnya akuisisi menjadi terkenal karena mereka berkualitas tinggi. Ketika Samsung berkelana ke industri LCD pada tahun 1993, menjadi yang terbaik di dunia.

Metode yang sangat baik perusahaan pengendalian kualitas inilah yang membuatnya berhasil dalam menyediakan hanya produk terbaik untuk seluruh dunia. Ini berlaku sebuah "Berhenti Line" sistem dimana setiap orang bisa menghentikan proses produksi dalam hal bahwa produk ditemukan kurang lancar.

 

Untuk saat ini, terus Samsung mempertahankan statusnya sebagai operator terbaik di dunia "itu" teknologi. Its tenaga kerja berkualifikasi tinggi masih mengupayakan yang terbaik dalam bidangnya masing-masing membuat keseluruhan perusahaan sukses besar dalam pembuatan. Rahasia sukses terus perusahaan dalam peningkatan konstan struktur manajemen dan penerapan filosofi-nya: "Kami akan mencurahkan sumber daya manusia dan teknologi untuk menciptakan produk dan jasa, sehingga memberikan kontribusi kepada masyarakat global yang lebih baik."

 

B.     Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan dari makalah ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang PT Samsung Electronics Indonesia yaitu perusahaan elektronik terbesar dunia

 

C.    Metode Penulisan

Metode yang digunakan adalah pengumpulan data dari jurnal dan tulisan imiah terkait, serta dari companny profile perusahaan

 

D.    Manfaat Penulisan

Penulis berharap makalah ini dapat memberikan pengetahuan tentang PT Samsung Electronics Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

A.      SEJARAH PERKEMBANGAN

Samsung Group dibentuk pada 1938 oleh Lee Byung-chul (1910-1987). Pada 1951, perusahaan ini berubah menjadi Samsung Corporation.

Samsung Electronics dibentuk pada 1969 di Daegu, Korea Selatan dengan nama Samsung Electric Industries yang pada mulanya memproduksi perangkat elektronik seperti TV, kalkulator, kulkas, pendingin ruangan dan mesin cuci. Pada 1981, perusahaan ini telah memproduksi lebih dari 10 juta TV hitam-putih. Pada 1988, perusahaan ini bergabung dengan Samsung Semiconductor & Communications.

PT Samsung Electronics Indonesia atau sering disebut PT SEIN adalah divisi Samsung Electronics di Indonesia, perusahaan ini memproduksi peralatan elektronika seperti induk perusahaannya yang merupakan perusahaan yang memproduksi hardware elektronika terbesar di dunia, perusahaan ini berkantor pusat di Seocho Samsung Town di Seoul, Korea Selatan. Perusahaan ini adalah perusahaan terbesasr di negara Korea Selatan dan merupakan ikon utama dari Samsung Group, yang merupakan konglomerasi terbesar di Korea Selatan. Samsung Group dibentuk pada 1938 oleh Lee Byung-chul (1910-1987). Pada 1951, perusahaan ini berubah menjadi Samsung Corporation. Samsung Electronics dibentuk pada 1969 di Daegu, Korea Selatan dengan nama Samsung Electric Industries yang pada mulanya memproduksi perangkat elektronik seperti TV, kalkulator, kulkas, pendingin ruangan dan mesin cuci. Pada 1981, perusahaan ini telah memproduksi lebih dari 10 juta TV hitam-putih. Pada 1988, perusahaan ini bergabung dengan Samsung Semiconductor & Communications.

PT Samsung Electronics Indonesia memandang setiap tantangan sebagai peluang dan yakin bahwa perusahaan sudah tepat diposisikan sebagai salah satu pemimpin yang diakui dunia industri teknologi digital. Komitmen perusahaan untuk menjadi yang terbaik didunia membuat perusahaan sebagai No.1 dalam menguasai pangsa pasar global untuk 13 produk, termasuk semikonduktor, TFT-LCD, monitor, dan telepon seluler CDMA. Untuk itu, PT Samsung Electronics Indonesia membuat kemajuan bersejarah dalam penelitian dan pengembangan seluruh lini semikonduktor kami, termasuk memori flash dan semikonduktor khusus non-memori, DRAM dan SRAM, serta memproduksi LCD, telepon seluler, dan peralatan digital terbaik di kelasnya, dan banyak lagi.

Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, Samsung Electronics berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan, investasi yang penting dalam mendorong perusahaan untuk terdepan dalam industri elektronik global. Pada tahun 1982, Samsung membangun sebuah pabrik perakitan televisi di Portugal, pada tahun 1984, samsung membangun sebuah pabrik di New York, pada tahun 1985, samsung membangun sebuah pabrik di Tokyo, pada tahun 1987, samsung membangun fasilitas di Inggris, dan fasilitas lain di Austin pada tahun 1996. Secara total, Samsung telah menginvestasikan $ 5,6 milyar di Austin – sejauh ini merupakan investasi asing terbesar di Texas dan salah satu investasi asing tunggal terbesar di Amerika Serikat. Investasi baru samsung di Austin totalnya menjadi lebih dari $ 9 miliar.

Samsung mulai bangkit sebagai perusahaan internasional pada 1990-an. cabang konstruksi Samsung mendapatkan kontrak untuk membangun satu dari dua Petronas Towers di Malaysia, Taipei 101 di Taiwan dan Khalifa Burj di Uni Emirat Arab. Pada tahun 1993., Lee Kun-hee menjual sepuluh anak perusahaan Samsung Group, dirampingkan perusahaan, dan operasi lainnya bergabung untuk berkonsentrasi pada tiga industri yaitu elektronik, teknik, dan bahan kimia. Pada tahun 1996, Grup Samsung membeli kembali Sungkyunkwan University foundation.

Dibandingkan dengan perusahaan besar Korea lainnya, Samsung selamat dari krisis keuangan Asia tahun 1997 yang relatif tidak berpengaruh besar. Namun, Samsung Motor dijual kepada Renault karena mengalami kerugian yang signifikan. Pada tahun 2010, saham Renault Samsung 80,1 persen dimiliki oleh Renault dan 19,9 persen dimiliki oleh Samsung. Selain itu, Samsung memproduksi berbagai pesawat dari tahun 1980-an 1990-an. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1999 sebagai Korea Aerospace Industries (KAI), hasil penggabungan antara lalu tiga divisi aerospace domestik utama Samsung Aerospace, Daewoo Heavy Industries, dan Hyundai Space dan Aircraft Company.

 

Samsung menjadi produsen terbesar memory chips di dunia pada tahun 1992, dan pembuat chip dunia terbesar kedua setelah Intel. Sepuluh tahun kemudian, Samsung tumbuh menjadi produsen terbesar di dunia membuat panel layar liquid-crystal. Pada tahun 2006, S-LCD didirikan sebagai perusahaan patungan antara Samsung dan Sony dalam rangka menyediakan pasokan yang stabil dari panel LCD untuk mereka dan mengoperas

B.       Produk

Samsung lebih memilih untuk menciptakan produk-produk high-end dan berkualitas tinggi yang tentu saja menawarkan stylish best-practice. Produk-produk yang dijual Samsung merupakan produk khusus barang elektronik. Produk-produk itu meliputi : Handphone, Laptop, Monitor, AC, Kulkas, TV, Mesin Cuci, Oven, Microwave, dll.

ikan pabrik-pabrik serta membangun fasilitas di Tangjung, Korea Selatan.

C.      Harga (price)

Samsung lebih menekankan pada kualitas produk, sehingga penentuan harga ditetapkan berdasarkan pada tingkat kualitass masing-masing produk itu sendiri. Dan apabila dibandingkan dengan merk-merk elektronik lainnya produk Samsung dikenal dengan harga yang lebih mahal dengan merk lainnya, akan tetapi masyarakat Indonesia pun tidak meragukan kualitas yang dimiliki Samsung yang dikenal sebagai kualitas no 1..

 

D.      Tempat  (Place)

Samsung mendistribusikan produknya kepada konsumen menggunakan outlet-outlet distributor,gerai resmi,atau pameran teknologi. Produk samsung sangat mudah ditemui keberadaannya dari toko elektronik,Conter HP dan sebagainya.

 

E.       Promosi (Promotion)

Strategi promosi Samsung dibilang cukup menjanjikan . Dan khususnya setiap produk Samsung  yang ingin diluncurkan,pihak Samsung mengajak reviewer,media untuk diundang secara khusus tentang produknya ini. Dan yang paling menonjol dalam promosi Samsung ini adalah dengan menggunakan media iklan yang kita bisa temui di Televisi,Internet,media sosial,papan reklame, serta menjadi sponsor pada event-event tertentu

 

F.       Orang

Samsung mempekerjakan tenaga kerja yang berkualitas daan profesional dan tidak heran membayar dengan bayaran yang mahal,yang ini disebabkan karena produk Samsung dikenal sebagai produk yang selalu memberikan inovasi-inovasi baru terhadap produknya.

 

G.      Proses  (Process)

Pembuatan produk Samsung melewati berbagai tahap,yang bertujuan untuk meningkatkan rasa kepuasan konsumen . Dan sejatinya produk Samsung dibuat oleh tenaga mesin yang sangat canggih untuk memudahkan para tenaga kerja . Dan dalam produk Samsung apabila produk tersebut ingin diluncurkan, maka pihak Samsung terlebih dahulu melakukan uji pakai agar produk yang dia buat dapat dikenang oleh konsumen itu sendiri.

 

 

H.      Bukti Fisik

Bukti fisik yang kita sering temui dari produk Samsung adalah alat-alat elektronik dan yang menjadi daya tarik dari konsumen adalah produk-produk Gadget khususnya Handphone. Samsung tiap tahunnya selalu mengeluarkan Handphone dengan teknologi terbaru. Di tahun 2017 ini saja Samsung sudah merilis produk handphone high-end yaitu Samsung Galaxy S8 dan S8 plus lalu Samsung Galaxy Note 8 yang dibuat untuk menandngi produk handphone dari merk Apple

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

A.    KESIMPULAN

Samsung merupakan salah satu merek terkenal yang mengedepankan teknologi terbaru ingin menyaingi perusahaan terkenal di dunia. Produk unggulan Samsung banyak digemari dan diinginkan oleh konsumen sehingga bisa disimpulkan bahwa Samsung telah berhasil dalam melakukan inovasi baru dalam bisnisnya.