Selamat Datang

Senin, 30 November 2020

MARKETING MIX / BAURAN PEMASARAN “YAKULT”

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar belakang

PT.Yakult Indonesia Persada. Bauran pemasaran adalah empat komponen dalampemasaran yang terdiri dari 4P. Metode ini dikenal dengan Bauran Pemasaran (marketing mix). Dalam perkembangannya,untuk layanan jasa dikenal dengn istilah 7P dimana 4P pertama adalah product,price,place, dan promotion. Untuk 3P yang selanjutnya adalah bukti fisik (Phsycal Evidence),proses (process), dan orang (people).
          Pemasaran lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu,maka seorang ahli pemasaran tergantung lebih banyak pada keterampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorentasi pada ilmu tertentu. 

 

B.     Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan dari makalah ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang produk PT.Yakult Indonesia yaitu Susu Kental Manis cap Bendera.

 

C.    Metode Penulisan

Metode yang digunakan adalah pengumpulan data dari jurnal dan tulisan imiah terkait, serta dari companny profile perusahaan

 

D.    Manfaat Penulisan

Penulis berharap makalah ini dapat memberikan pengetahuan tentang produk PT.Yakult Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

PT.Yakult Indonesia Persada. Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P. Metode ini dikenal dengan Bauran Pemasaran (marketing mix). Dalam perkembangannya,untuk layanan jasa dikenal dengn istilah 7P dimana 4P pertama adalah product,price,place, dan promotion. Untuk 3P yang selanjutnya adalah bukti fisik (Phsycal Evidence),proses (process), dan orang (people).
          Pemasaran lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu,maka seorang ahli pemasaran tergantung lebih banyak pada keterampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorentasi pada ilmu tertentu. 

 

          PT.yakult adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi susu fermentasi. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 2 Februari 1990. Pabrik Yakult mulai berproduksi pada bulan Januari tahun 1991, awalnya PT.yakult adalah jenis usaha manufaktur patungan dengan statusnya penananaman modal asing antara PT. Perkasa Simpati Persada dan Yakult HonshaCo.Ltd, lambat laun perusahaan ini mendapatkan penanaman modal asing murni dari Yakult Honsha Co.Ltd sendiri. Sedangkan pabrik awalnya ada di tahun 1997 berada di Pasar Rebo Jakarta dengan hasil produksi sebanyak 720.000/hari ,lalu dipindahkan ke Desa Pesawahan, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat dan kapasitas produksi ditingkatkan menjadi 1.800.000 botol per hari sesuai pesanan pasar, pabrik di pindahkan di sebabkan karena sudah mulai langkanya air bersih dan ingin meningkatkan produktifitasnya.

Berikut pembauaran pemasaran PT Yakult Persada

1. Product (Produk)

                 Produk yang dihasilan adalah "Yakult" sesuai nama besar perusahaan tersebut

Yakult Minuman

 

2. Price (Harga)

                Harga yang ditawarkan yaitu Rp 8.500,- per Pak (@65ml)

3. Place (Distribusi)

               Saluran Distribusi dilakukan oleh Yakult Lady dan Direct Sales

 

4. Promotion (Promosi)

             Yakult Mengiklankan produknya menggunakan media elektronik seperti TV dan radio, Media cetak seperti majalah dan koran, serta internet dengan situs resminya yaituwww.yakult.co.id , serta melalui berbagai media sosial seperti facebook, twitter, dan kaskus. Namun, tentu saja masyarakat paling mengingat produk yakult berkat iklannya di TV. Yakult mempunyai tagline, “Cintai Ususmu Minum Yakut Tiap Hari”. Ketika masyarakat mendengar tagline ini di TV, tagline tersebut langsung memberikan masyarakat pesan dan kesan jika meminum yakult setiap hari akan membuat usus kita sehat dan membuat yakult menjadi produk yang wajib dikonsumsi oleh masyarakat setiap hari.  Yakult memiih tagline ini tentu saja sangat berarti. Cintai usus adalah cara baru untuk peduli terhadap diri sendiri. Usus adalah organ tubuh yang penting agar tubuh menjadi bugar, kuat, dan segar. Jika usus kita baik maka kitapun bisa hidup dengan baik pula.

Yakult juga pernah memberikan promo harga di warung dan supermarket dengan ‘beli 5 gratis 1 “. Yakult Lady pun akan memberikan kita harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga di warung ketika mereka berkunjung ke rumah-rumah warga. Saya pernah dikasih tau oleh ibu saya saat RT perumahan saya tour ke PT Yakult, dan setelah selesai mengikuti program tersebut, mereka akan menawarkan produk Yakult yang dijual dengan setengah harga dibandingkan dengan di warung dan supermarket. 

 

5. Proccess (Proses)

 

6. People (Orang)
              PT Yakult membangun hubungan masyarakat yang baik melalui sistem distribusi Yakult Lady. Sistem distribusi Yakult Lady yaitu  sistem pendistribusian Yakult oleh ibu-ibu rumah tangga kepada masyarakat di lingkungan tempat tinggal mereka. Ketika melayani masyarakat, Yakult Lady memberikan informasi kesehatan kepada pelanggan, sehingga Yakult Lady disebut pula sebagai “Pusat Informasi Berjalan”. 

            Para sales Yakult ini memiliki wilayah pemasaran yang tetap sehingga bisa mendorong keakraban yang berlanjut antara sales dengan para konsumen. Beberapa sales yang komunikatif dan luwes bahkan merasa memiliki banyak teman dan kerabat baru yang didapatkan selama mereka bertugas. Keterampilan berkomunikasi akan menjadi modal utama bagi para sales ini dalam meningkatkan target penjualannya.

            Yakult Lady yang secara tidak langsung juga bertugas mengampanyekan program kunjungan pabrik. Program kunjungan ke pabrik yakult membuat pengunjung dapat melihat secara langsung proses produksi Yakult.  

            Tenaga sales yang rata-rata ibu rumah tangga mungkin lebih menarik simpati dan membuat para calon konsumen tak tega untuk menolaknya. Berbeda dengan sales produk produk otomotif yang lebih menonjolkan penampilan fisik , para sales yakult adalah ibu-ibu yang rata-rata berusia 30 - 50 tahun, namun penampilan fisiknya sangat bersahaja dan menawarkan keramahan dan kehangatan yang mungkin tidak bisa kita dapatkan saat berbelanja di pasar swalayan. Strategi pendekatan sisi kemanusiaan yang tengah ditawarkan produsen Yakult ini tampaknya cocok dengan karakteristik masyarakat Indonesia yang masih sangat erat memegang teguh nilai- nilai kekeluargaan. 

 

BAB III

PENUTUP

 

A.    KESIMPULAN

Sumber daya strategi mengacu pada serangkaian tindakkan spesifik manajemen Sumber Daya Manusia yang didorong oleh perusahaan untuk mencapai tujuan. Oleh karenanya salah satu tujuan strategi perusahaan Yakult adalah untuk menjadi meraih profit dan benefit peruahaan dengan mejadi pelopor probiotik minuman sehat untuk keluarga dengan mengoptimumkan untuk pemeilharaan usus, melalui tenaga kerja dan karyawan yang memiliki komitmen terhadap perusahaan dan lingkungan. Termasuk didalamnya adalah oenggunaan berbagai metode untuk membangun komunikasi 2 arah, baik itu memlaui line telepon maupun internet dan media komunikasi lainnya. Selain itu menyaring karyawan dan manajer protensial yang memiliki nilai yang tidak berorientasi pada orang memberikan jaminan untuk perlakuan yang paling adil dan keamanan bagi semua karyawan memanfaatkan berbagai promosi dari dalam berbagai aktifitas untuk memberikan karyawan setiap kesempatan untuk menyadari sepenuhnya potensi mereka. Manajemen Sumber Daya Manusia strategi berarti memformulasikan dan melaksanakan SDM, kebijakan dan aktivitas, yang menghasilkan kopetensi da perilaku karyawan yang dibutuhkan untuk meraih tujuan strategi PT Yakult Indonesia Persada